Gimana cara mengatasi laptop panas (Overheat)

Anda mungkin pernah mengalami laptop anda terasa panas pada permukaan casingnya. Selain panas anda juga merasakan kinerja laptop semakin lambat. Hal itu patut dicurigai, karena banyak hal yang menyebabkan laptop menjadi panas. Mari kita ketahui bersama, apa yang menyebabkan laptop menjadi panas.

Laptop terdiri dari rangkaian komponen elaktronika yang di susun menjadi satu hingga dapat bekerja sedemikian rupa untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Berbagai komponen-komponen elektronika tersebut harus dialiri listrik untuk dapat bekerja. Dari aktifitas tersebut komponen menghasilkan kalor/panas. Maka wajar saja kalau suatu perangkat elektronika jika dalam keadaan difungsikan menimbulkan panas. tetapi tidak wajar jika panas itu berlebihan dan mungkin akan menjadi fatal kalau dibiarkan.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi Laptop, ada 2 hal yang paling sering menyebabkan laptop menjadi terlalu panas saat bekerja, diantaranya :

  1. Kotor karena debu
  2. Pasta prosesor habis/kering

Oke kita bahas satu persatu. Debu yang berterbangan disekitar kita, yang secara kasat mata tidak terlihat oleh kita, bisa menyebabkan permasalahan pada laptop. selain itu penggunaan laptop yang tidak memperhatikan kebersihan lingkunagn kerja dapat menyebabkan laptop menjadi panas. Contohnya laptop digunakan pada permukaan/meja yang berdebu, user sering mengabaikan kebersihan fisik laptopnya. Hal simple seperti itu dapat mengakibatkan laptop menjadi panas/overheat lebih fatal lagi laptop menjadi sering restart tanpa ada perintah. Jangan sepelehkan debu, meskipun dia kecil dan tak terlihat, dia bisa menyumbat heatsink (sistem pendingin) pada laptop. Cukup 2 tahun saja, debu bisa menghambat sirkulasi udara pada heatsink.

Bahkan dengan penggunaan laptop secara ekstrim (peggunaan laptop pada lingkungan dan permukaan kotor) debu bisa setebal karpet di sirkulasi pembuangan panas heatsink. Untuk mengembalikan suhu pada laptop, maka sering dilakukan assembly/pembongkaran total untuk dilakukan pembersihan pada komponen-komponen dan sistem pendingin. Sebenarnya prinsip kerja pendingin laptop sudah didesain untuk bisa mendinginkan dan membuang panas dari dalam laptop, khusunya prosesor. Kalau di perhatikan di bawah permukaan laptop terdapat lubang-lubang sirkulasi yang nantinya dihisap oleh kipas yang berada dalam laptop dan kemudian dikeluarkan melalui samping atau belakang laptop (tergantung merk laptop). Bayangkan saja bila tiap hari yang di hisap adalah debu maka, debu akan melekat didalam komponen-komponen didalam laptop, dan menyumbat sirip-sirip heatsink.

Setelah panas bertahan sampai lama, bahkan sampai berbulan-bulan, maka pasta(sebuah bahan kusus yang berguna sebagai konduktor/penyalur panas, antara permukaan prosesor dan heatsink) akan mengering bahkan menguap atau terbakar. Karena prosesor dalam keadaan panas tanpa pendingin bisa mencapai 100 derajat celcius. untuk mengatasi itu, maka dilakukan dengan penggantian pasta baru pada sistem pendingin prosesor.
Sebelum itu semua terjadi pada laptop kesayangan anda, maka jagalah kebersihan laptop dan bijak dalam penggunaannya. Wasalam…..

Semoga dengan pengetahuan yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua….amin….

sumber: Penyebab Laptop Panas (Overheat) dan Solusinya oleh Andi Rosihan Hakim

10 Comments

  • February 10, 2011 - 10:44 pm | Permalink

    klo aq dah 4 laptop cuman ane bawa ke tukang tambal ban. dah 90% berhasil.
    laptop dingin dan lancar jaya.

  • echo
    February 11, 2011 - 9:54 pm | Permalink

    di semprot ya bang?

  • February 16, 2011 - 3:29 am | Permalink

    yup, just like I said at bbm. hehehe…

  • ADAM
    May 7, 2011 - 5:41 pm | Permalink

    salam kenal….kalau laptopku cepet panas perlu di priksakan ya

  • sinta
    May 7, 2011 - 5:42 pm | Permalink

    makasih infonya.moga berguna bagi kita semua.. terutama aku yang mulai bingung dengan masalah ini

  • japra
    May 9, 2011 - 11:40 am | Permalink

    jangan suka menghina… orang yg suka menghina karya orang lain merupakan tanda orang syirik..

    Jujur… aku tidak ngerti pembahasan artikel ini… terlalu ruwet… klo simplenya… jika ada permasalahan pada komputer… buang aja… beli lagi yang baru… murah kok…

  • jujualan
    July 22, 2011 - 7:07 pm | Permalink

    buat japra….

    kalau ga ngerti ya nanya dulu atuh….
    jangan asal nyeplos aja…soalnya sekarang cari duit itu susah…
    kalo cuma ngandalin duit ortu mah namanya #@$%^&*!@#…

  • Varum Faroza
    August 9, 2011 - 10:02 pm | Permalink

    Nice Info sob,,,makasih

  • jundet
    August 10, 2011 - 5:46 pm | Permalink

    mnurut ane bgus di bawa aja gan j service centernya
    klo g ngerti jgn brani coba-coba

  • molea_one
    August 18, 2011 - 7:36 am | Permalink

    thank’s bnget nih infonya mg b’mnfaat. mau tnya bro…
    sistem sirkulasi udara pd ASUS gmn sih?, laptop bagian bawah kipasnya nyedot ato niup?, trs klo mau nyari cooler tuk laptop baeknya yg gmn? mhn jwbnya bro…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>